Senin, 06 Oktober 2014

Hari Lingkungan Hidup se-Dunia diperingati pada tanggal 5 juni

Posted by : Laskar Bumi SMA Hidayatus Salam Lowayu



Ditetapkan dalam sidang umum PBB tahun 1972 untuk menandai pembukaan Konferensi Lingkungan Hidup di Stockholm, Hari Lingkungan Hidup se-Dunia diperingati pada tanggal 5 juni. Hari Lingkungan Hidup se-Dunia merupakan instrument penting yang digunakan PBB untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan dan mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia. Sebagai milik seluruh masyarakat, hari peringatan ini memberi kesempatan kepada semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet kita, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan serta gaya hidup yang ramah lingkungan.

Dengan tema yang disadur menjadi “Bersama Selamatkan Bumi dari Perubahan Iklim”, peringatan Hari Lingkungan Hidup pada tahun 2009 di tingkat global dipusatkan di Mexico City. Meksiko terpilih menjadi tuan rumah sebagai penghargaan atas peranannya yang makin meningkat dalam memerangi perubahan iklim serta partisipasinya dalam pasar bahan baker. Negara ini memberikan komitme sebesar 25 persen dari seluruh pohon yang ditanam dalam rangka program Kampanye Sejuta Pohon dari UNEP.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia pada tahun 2009 juga ditandai dengan prakarsa ”Kesepakatan Baru Hijau” sebagai solusi terhadap merosotnya keuangan dunia serta pemanasan global dengan merangsang peningkatan investasi untuk sumber energi yang dapat diperbarui infrastruktur ekosistem serta proses produksi yang hemat energi. Kesepakatan ini diyakini tidak hanya akan menciptakan lapangan kerja baru serta menjalin proses pemulihan, namun sekaligus akan membantu pemecahan masalah pemanasan global. Investasi dalam paket stimulus ekonomi hijau baru yang subsansial akan dapat merubah krisis hari ini menjadi pertumbuhan yang berkelanjutan di masa mendatang.

SMA Hidayatus Salam biasanya tanggal 5 juni juga memperingati hari Lingkungan Hidup se-Dunia. dengan menanam seribu pohon di desa Lowayu dan Bangeran.



1 komentar: